Cara Backup Chat Whatsapp

Kali ini Digitalku akan membahas tentang bagaimana cara backup chat Whatsapp. Membackup chat dimaksudkan agar pengguna Whatsapp bisa memiliki cadangan data-data atau arsip chat Whatsapp apabila penggunanya akan berpindah dari satu ponsel ke ponsel lain, atau aplikasi Whatsapp terhapus sengaja/tanpa sengaja.

Cara-Membuat-Grup-Di-Whatsapp5Pengguna dapat mencadangkan arsip chat sekaligus media yang tersimpan dari Whatsapp ke Google Drive. Hal ini dimaksudkan apabila penggunanya ingin mengganti ponsel Android atau menginstal kembali aplikasi Whatsapp, maka riwayat chat dan media Whatsapp sebelumnya dapat dipulihkan kembali ke ponsel yang baru.

Sebelum melakukan backup Chat Whatsapp Anda ke Google Drive, pastikan bahwa anda telah melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Perangkat (ponsel Android) Anda  sudah tersinkronisasi dengan Google Drive. Artinya ponsel Anda sudah terhubung dengan akun Google/Google Drive.
  2. Aplikasi Layanan Google Play telah terpasang pada ponsel Android Anda.
  3. Akun Google Drive Anda tidak penuh, karena mungkin Anda harus mengcopy isi dari chat Whatsapp dalam jumlah besar.
  4. Perangkat penyimpanan telepon memiliki cukup ruang.

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, kita lanjut ke cara backup chat Whatsapp. Ikuti step by step cara backup chat Whatsapp berikut ini:

Cara Backup Chat Whatsapp

  • Buka aplikasi WhatsApp Anda
  • Pilih Cara Menggunakan Whatsapp Di Komputer > Setelan > Chatting > Cadangan chat.

Cara-Backup-Chat-Whatsapp

  • Pilih Cadangkan ke Google Drive dan tetapkan frekuensi cadangan yang Anda inginkan, atau pilih Cadangkan untuk segera melakukan pencadangan saat itu juga.

Cara-Backup-Chat-Whatsapp1

  • Pilih akun Google Anda (atau pilih salah satu akun jika lebih dari satu) untuk mencadangkan arsip chat Anda.
  • Pilih Tambahkan akun. Akun Google yang Anda gunakan saat ini harus benar-benar diingat untuk keperluan pemulihan nanti.
  • Pilih Cadangkan melalui untuk memilih jaringan mana yang akan digunakan untuk melakukan pencadangan. Semakin besar arsip chat, semakin besar pula biaya data yang digunakan. Sebaiknya Anda menggunakan jaringan WiFi yang koneksinya baik.

Cara backup chat Whatsapp diatas seharusnya mudah dilakukan, hanya saja biasanya akan membutuhkan waktu yang lama untuk jika itu adalah backup pertama. Hal ini disebabkan karena kita harus melakukan sinkronisasi dan data yang akan dibackup cukup banyak. Selain itu, pastikan bahwa baterai ponsel anda cukup selama proses backup berlangsung.