Melakukan Flash Mi Max Menggunakan Windows 10 (Share Pengalaman)

Melakukan flash Mi Max menggunakan Windows 10 sekarang sudah mungkin dilakukan. Tulisan ini dibuat tepat ketika saya baru saja melakukan flashing smartphone butut saya Xiaomi Mi Max 16 GB. Karena kebetulan Mi Max tersebut dibekali dengan ROM modifikasi atau biasa dikenal sebagai ROM abal-abal, yang tentu saja menimbulkan beberapa masalah, seperti aplikasi yang sering tertutup dengan sendirinya dan aplikasi SMS yang tidak dapat digunakan.

Mengapa tulisan ini dibuat? Karena ini adalah flashing pertama yang saya lakukan menggunakan PC, yang tentu saja cukup menegangkan meskipun akhirnya sukses.

Diberbagai artikel blog yang saya baca dan beberapa video Youtube  yang saya tonton, cara flashing Mi Max cukup beragam. Mulai dari persyaratan spesifikasi minimal komputer yang harus menggunakan Windows 7 64 bit lah, harus unlock bootloader lah, harus download ini itu lah, dan itu semua cukup membuat saya merasa bahwa melakukan flashing Xiaomi tidaklah main-main.

Tool Mi Flash

Sehari sebelumnya saya sempat membaca di forum en.miui.com bahwa miflash (tool untuk melakukan flashing Xiaomi) sudah tersedia untuk Windows ber OS minimal Windows 7 keatas dan tidak dipersyaratkan lagi apakah harus 32 bit dan 64 bit. Untuk itu saya memberanikan diri mencoba flashing Xiaomi Mi Max saya menggunakan laptop sendiri yang ber OS Windows 10 Pro 32 bit.

Meskipun tanpa unlock bootloader terlebih dahulu, saya langsung melakukan flashing terhadap Xiaomi Mi Max saya dengan modal Rom Global Mi Max berbasis MIUI 7 (hydrogen_global_images_V7.5.7.0 yang didownload dari halaman http://en.miui.com/download.html) dan MiFlash tadi.

Hasilnya, flashing berjalan lancar dan tidak ada error sama sekali. Anda dapat melihat gambar di bawah ini:

Flash-Mi-Max-Windows-10-pro

Mohon maaf jika Saya tidak menuliskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan Flashing Mi Max tersebut karena, Namun Anda dapat melihatnya di Youtube: Video 1 dan Video 2. Keduanya menyajikan cara yang sangat mudah dipahami. Mudah-mudahan pada kesempatan lain saya dapat membuatkannya agar dapat dibahas secara rinci.

Nah, maksud dari tulisan ini juga dibuat adalah untuk menyemangati para pengguna smartphone Xiaomi yang sempat membaca postingan ini agar tidak gentar dalam melakukan flashing sendiri apabila terdapat masalah dengan ROM yang dimiliki.

Jika anda ingin mendownload MiFlash tool yang baru saja kita bicarakan, Anda dapat mendownloadnya disini.