Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Software

Membuat bootable flashdisk dapat dilakukan dengan dua metode, yakni dengan menggunakan bantuan software dan menggunakan program Command Prompt bawaan Windows. Bagi anda yang terbiasa menginstal Windows menggunakan flashdisk, pasti sudah familiar dengan istilah bootable flashdisk.

Cara yang menurut saya praktis dalam membuat bootable flashdisk adalah dengan menggunakan program Command Prompt bawaan Windows, karena tidak perlu menginstal software lain atau kemungkinan besar kita tidak memiliki software untuk membuat bootable flashdisk.

Membuat bootable flashdisk tanpa software tambahan yang dibahas kali ini dapat dilakukan oleh semua orang, setidaknya telah memahami perintah format sebuah flashdisk. Disini kita akan memanfaatkan Command Prompt bawaan Windows yang tentu saja Anda telah mengenalnya dengan baik.

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah memasukkan flashdisk yang akan menjadi bootable flashdisk, kemudian dilanjutkan dengan membuka Command Prompt dengan menekan kombinasi tombol Windows+R. Ketik “cmd” dan tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Enter. Jika anda menggunakan Windows 8 atau 10, anda juga dapat langsung mengklik kanan icon Start, pilih Command Prompt (Admin).  Sampai disini, jendela command prompt telah terbuka dalam mode Administrator.

Membuat-Bootable-Flashdisk-Tanpa-Software_1

Selanjutnya, cara membuat bootable flashdisk menggunakan command prompt tadi dilanjutkan dengan langkah singkat sebagai berikut:

  1. diskpart -> Enter
  2. list disk -> Enter
  3. select disk x (x adalah angka yang menunjukkan letak flashdisk anda) -> Enter
  4. clean -> Enter
  5. create partition primary -> Enter
  6. active -> Enter
  7. format fs=fat32 label=Install quick -> Enter
  8. exit -> Enter

*Perintah yang bercetak tebal diatas juga dapat anda copy kemudian paste di dalam jendela Command Prompt tadi jika anda tidak ingin mengetikkannya satu per satu.

*Perhatikan baik-baik ukuran flasdisk yang akan anda pilih. Dalam contoh ini, flasdisk yang akan di clean ditunjukkan oleh Disk 1, sehingga kita mengetikkan perintah select disk 1. Salah memilih disk akan menyebabkan data pada disk tersebut akan terhapus!

Membuat-Bootable-Flashdisk-Tanpa-Software

Jika anda sudah mengetikkan semua perintah diatas dengan benar dan sesuai urutan, maka flashdisk tersebut sudah menjadi bootable. Anda dapat memasukkan file-file yang akan di boot dalam flashdisk tersebut dengan cara copy paste saja. Sebagai contoh, anda dapat meng copy dan paste file instalasi Windows kedalam flashdisk untuk melakukan instalasi Windows dari Flashdrive.